Monday, October 10, 2016

Permintaan Maaf Ahok Kepada Umat Islam

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok mengucapkan permintaan maaf kepada umat Islam terkait ucapannya yang dinilai sejumlah pihak melecehkan kitab suci.
"Saya sampaikan kepada semua umat Islam atau kepada yang merasa tersinggung, saya sampaikan mohon maaf. Tidak ada maksud saya melecehkan agama Islam atau apa," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 10 Oktober 2016.

Desakan untuk permintaan maaf datang dari tokoh-tokoh Islam, politikus, dan pihak lainnya.

Semisal dari Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung, Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym, Ketua DPR RI Ade Komarudin, serta Senator DKI Jakarta Fahira Idris.
Ahok mengakui telah membuat kegaduhan, terutama bagi seluruh umat Islam. Ahok meminta maaf karena menafsirkan Surat Al Maidah. Ahok menyatakan tak bermaksud menyinggung atau melecehkan Islam.

Ahok memahami urusan agama adalah urusan pribadi dan tidak sebaiknya dikeluarkan di hadapan publik. Karena itu, dia berniat tidak akan menyinggung kembali penggunaan surat dalam kitab suci lantaran keadaan menjadi ramai di tengah situasi pemilihan kepala daerah DKI 2017.

"Ya sudah, kita enggak usah teruskan komentar-komentar saya ini. Saya minta media juga enggak usah teruskan," tuturnya.

Adapun calon gubernur yang diusung Koalisi Cikeas, Agus Harimurti Yudhoyono, juga bereaksi atas kontroversi ucapan Ahok. Menurut dia, persoalan ini bukan hukum semata tapi juga sosial. Karena itu, dia menilai Ahok perlu merespons aduan kelompok masyarakat secara serius dan transparan.

"Kalau ucapan yang kerap melukai hati kalangan masyarakat semacam ini terus terjadi, saya khawatir akan menimbulkan permasalahan sosial bahkan konflik komunal yang justru seharusnya bersama-sama kita cegah," ujarnya

By : Berbagi Informasi

No comments :

Post a Comment